Wednesday, April 4, 2018

Perawatan Printer DTG Di Musim Panas



Daerah beriklim tropis seperti di Indonesia memiliki karakter suhu udara yang panas dan lembab serta curah hujan yang tinggi. Ketika musim panas tiba, suhu udara dapat mencapai 30 derajat celcius.

Keadaan ini sangat berpengaruh pada keadaan printer DTG, terutama di bagian bagian penting seperti printhead dan pompa.


Penting sekali untuk melakukan perawatan khusus printer DTG di musim panas agar printer tetap optimal dan bekerja dengan maksimal. Lalu bagaimana cara merawat printer DTG ketika musim panas tiba? Apa saja yang harus dilakukan agar printer DTG tetap dalam kondisi prima? berikut akan kita bahas satu per satu.


Membersihkan Head Print
Untuk printhead pada printer dtg memang lebih mudah buntu. Terutama pada tinta putih. Tinta putih cenderung memiliki kandungan karet dengan perekat yang lebih peka sehingga tinta putih lebih sering mampet jika terkena suhu panas diatas 28°C dibandingkan dengan tinta color.

Bersihkan head print secara rutin agar tidak ada sisa tinta yang menempel pada head print. Selain itu atur suhu ruangan antara 20-25 derajat celcius agar tinta tidak mudah buntu dan menyumbat head print.


Merawat Pompa
Lakukan perawatan pompa secara rutin. Jika dihari biasa atau dicuaca yang masih normal, mungkin bisa melakukan perawatan tinta seminggu sekali. Namun jika cuaca berubah menjadi panas yang super ekstrim, maka lakukan perawatan pompa sebanyak 3 kali dalam seminggu.


Lakukan Nozzle Check Secara Rutin
Sebelum mulai menggunakan mesin ada baiknya melakukan nozzle check terlebih dulu agar mudah untuk mengecek jalannya tinta putih dan tinta color apakah sudah lancar atau masih terhambat.

Jika tinta belum lancar, lakukan cleaning dengan program lalu lakukan nozzle check kembali.

Namun jika tinta masih terhambat maka perlu mengecek bagian catridge. Jika masih belum ada perubahan, langsung bawa pada tempat servis printer DTG untuk penanganan lebih lanjut.


Nah itu tadi beberapa tips merawat printer DTG di musim panas. Selain melakukan perawatan, jangan lupa untuk membersihkan printer DTG sebelum dan sesudah pemakaian agar mesin lebih terawat serta lebih awet.

Meskipun sedang tidak ada proses produksi kaos, usahakan untuk melakukan cetak kaos sendiri meskipun hanya mengeluarkan sedikit tinta. Hal tersebut dapat mencegah terjadinya tinta mampet . Semoga bermanfaat.:)




*Untuk info tentang mesin digital bisa menghubungi kami via WA:087851691057 dan email:bengkel.print@yahoo.com




Mesin Cutting Plotter Terlengkap Di Padang

Mesin Cutting Plotter Terlengkap Di Padang Kota Padang adalah kota terbesar di pantai barat pulau Sumatera sekaligus ibu kota dari ...